Adalah proses menggerakan rangkaian/kumpulan gambar atau tulisan yang berubah secara kontinyu secara mekanis dan elektronis sehingga menciptakan ilusi gambar seolah-olah hidup dan ditayangkan melalui media siar. Banyak sekali jenis animasi yang kita saksikan pada saat ini, berdasarkan bentuk dan teknis cara membuatnya animasi dibagi menjadi 3 kategori :

Animasi Tradisional
Animasi tradisional didefinisikan sebagai animasi yang teknis pembuatannya masih menggunakan teknis manual (gambar tangan). Gambar dibuat satu persatu, perbedaan pada setiap gambar dibuat untuk menciptakan ilusi optis sehingga membuat gambar seolah-olah bergerak.

Animasi Stop Motion
Adalah animasi yang dibuat dari bentuk objek 3 dimensi yang di buat oleh manusia, dengan cara mengambil gambar dari setiap gerakan objek yang direka yang kemudian disusun atau dirangkai menjadi sekumpulan gambar yang bergerak, melalui bantuan software gambar tersebut disusun kemudian diatur kemunculan perdetiknya. Objek yang digunakan bisa berupa boneka, tanah liat, malam yang diberi kerangka kawat, objek dari kertas, potongan majalah atau kain, bahkan silouet.

Animasi Komputer
Animasi Komputer adalah animasi yang dibuat dengan menggunakan software komputer. Animasi ini bentuknya bisa animasi 2 dimensi atau 3 dimensi. Termasuk dalam kategori animasi komputer lainnya adalah motion graphic, istilah yang dipakai pada animasi yang dipergunakan untuk kebutuhan opening program televisi, judul acara, running text, credit title atau animasi penghias yang muncul di televisi.

Animasi Gabungan
Animasi ini adalah animasi gabungan dari beberapa jenis animasi bisa gabungan animasi komputer 2 dimensi dan 3 dimensi, gabungan rekaman film dan animasi, gabungan antara animasi stop motion dan animasi komputer.

Animasi dipelajari di beberapa matakuliah, terutama animasi komputer  & animasi gabungan. (Kankan K, M.Ds., 2014 pengajar DKV Unikom)