Menurut Hofstetter (2000, h2) multimedia merupakan implementasi penggunaaan komputer dalam menayangkan/menyajikan dan menggabungkan teks, gambar, suara, video melalui interface (layar antar muka), dimana penggunanya bisa berinteraksi dengan sistem multimedia tersebut.  Multimedia sering kita jumpai dalam keseharian, diantaranya film, game, internet, CD interaktif, dll. Menurut Dastbaz (2003, h9) multimedia dapat digunakan untuk pendidikan, pelatihan, informasi penjualan, menyampaikan informasi/berita-broad casting dan periklanan serta bisnis dan penjualan. Selain itu multimedia digunakan dalam hiburan.

jika dilihat dari interaktivitasnya multimedia terbagi menjadi 2 kategori yaitu multimedia linier yakni jenis multimedia yang tidak melibatkan pengguna untuk berinteraksi, sehingga tanpa navigasi dan bersifat 1 arah. Yang kedua adalah multimedia non linier (interaktif) yakni jenis multimedia yang melibatkan interaksi pengguna.

Menurut Suyanto (2005), multimedia non linier atau multimedia interaktif sendiri terdiri dari 2 jenis, yakni multimedia interaktif online dan offline. Multimedia interaktif online adalah jenis multimedia yang penyajiannnya menggunakan jaringan/kawat/kabel contohnya adalah internet. Sedangkan Multimedia interaktif offline adalah multimedia ineteraktif yang penyajiannya tanpa menggunakan jaringan/kawat/kabel contohnya adalah Game, CD interaktif dan lain-lain.

Di DKV UNIKOM, multimedia dipelajari di 4 semester, disertai matakuliah pendukung seperti Komputer Aplikasi Desain yang ada di 7 semester perkuliahan
(Kankan K, M.Ds., 2014 pengajar DKV Unikom)