Desain Komunikasi Visual Unikom memiliki unit-unit pengabdian dan pengembangan yang ditujukan untuk memajukan program studi dan masyarakat. Unit-unit yang dibentuk merupakan langkah nyata yang dilakukan program studi DKV dalam mendukung kemajuan bangsa.

Unit Pengabdian (IDEASI)
Ideasi merupakan unit yang bertujuan mengembangkan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui ilmu-ilmu desain, khususnya ilmu desain komunikasi visual. Dalam pelaksanaannya, Ideasi dimotori seluruh civitas akademik DKV baik dosen-dosen, staf prodi dan mahasiswa. Program Ideasi diantaranya, memberikan konsultasi desain bagi semua pihak yang sekiranya memerlukan wawasan tentang desain.

Unit Pengembangan Usaha
Unit usaha DKV Unikom bertujuan untuk mengembangkan program studi baik sebagai penunjang kegiatan akademik, seperti penyediaan alat-alat perkuliahan yang lebih baik maupun mendukung kesejahteraan anggota unit usaha. Unit pengembangan usaha merupakan unit yang mengembangkan potensi anggota dalam mengatur jalannya usaha dilingkungan program studi Desain Komunikasi Visual.