Profil

Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah bidang ilmu yang mempelajari konsepsi komunikasi khususnya meramu pesan pesan kreatif untuk tujuan sosial atau komersial. Pada prinsipnya DKV adalah strategi perancangan untuk menyampaikan pola pikir dari penyampaian pesan kepada penerima pesan, berupa bentuk visual seperti ilustrasi, huruf, warna, garis yang komunikatif, efektif, efisien dan tepat, dan selalu berpijak pada nilai-nilai estetis, melalui media tertentu sehingga dapat mengubah sikap positif sasaran.

Program studi DKV – UNIKOM bertujuan memberi bekal ilmu dan pengembangan kemampuan untuk menjadi calon profesional di bidangnya, sehingga mahasiswa mengenal DKV sebagai Dasar Perancangan / Desain dan Strategi Komunikasi, mengenal Desain Grafis (DKV) sebagai Pengolah Visual Data Informasi, mengenal secara teknis prinsip cetak manual dan digital, proses teknologi informatika dan sistem informasi manajemen, serta mampu memahami media baru seperti Mix Media Animasi Audio Visual, Mix Media dan Interaktif seperti Multimedia Off line (CD presentasi) dan On line (Web/homepage). Lulusan Desain Komunikasi Visual UNIKOM disiapkan untuk bisa menduduki posisi-posisi strategis pada perusahaan-perusahaan besar baik dalam negeri maupun luar negeri pada bidang-bidang: Media penerbitan dan percetakan, penyiaran (televisi, koran, tabloid, majalah, dsb), Advertising/periklanan, Desain Grafis, Packaging/Kemasan, Production House/rumah produksi, televisi, Perfilman dll. Adapun jabatan-jabatan yang bisa diduduki oleh lulusan Desain Komunikasi Visual UNIKOM adalah: Sutradara, Creative Director, Art Director, Designer, Copywriter, Ilustrator, Kartunis, Animator.

Berikut merupakan Visi, Misi dan Tujuan dari program studi Desain Komunikasi Visual (S1) Unikom;

Visi

Menjadikan Program Studi Desain Komunikasi Visual terdepan dalam pengembangan bidang keilmuan desain komunikasi visual yang berbasis teknologi informasi dan komputer serta memiliki jiwa kewirausahaan untuk mendukung pembangunan nasional yang berorientasi pada kepentingan masyarakat, bangsa dan negara. Penetapan visi ini menunjukkan Program Studi Desain Komunikasi Visual memiliki keinginan untuk secara konsisten mengembangkan keilmuan desain komunikasi visual yang disinergikan dengan perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi dan multimedia. Penerapan visi Program Studi Desain Komunikasi Visual mengacu pada visi dari UNIKOM yaitu:

  • Menjadi Universitas terdepan dibidang teknologi informasi dan komputer, berwawasan global dan menjadi pusat unggulan dibidang ilmu dan pengetahuan, teknologi dan seni yang mendukung pembangunan nasional serta berorientasi pada kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.
  • Salahsatu bentuk implementasi dari visi tersebut tercermin dalam kurikulum yang menjadi pedoman pelaksanaan proses belajar di PS Desain Komunikasi Visual. UNIKOM telah menetapkan mata kuliah software harus diselenggarakan di tujuh semester. Pada kurikulum di Program Studi Desain Komunikasi Visual tercantum sembilan mata kuliah software yang diselenggerakan dari semester 1 sampai dengan semester 7.
  • Selain tercermin dalam kurikulum, teknologi informasi menjadi bagian integral dalam sistem pengelolaan pendidikan di UNIKOM. Sebagai universitas yang berbasis ICT (Information and Communication Technology), UNIKOM telah melaksanakan dan mengembangkan sistem yang terkoneksi (on line) untuk perwalian, administrasi keuangan, perpustakaan, kuliah on line, dsb. Program tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan mutu layanan kepada mahasiswa dan meningkatkan kualitas perkuliahan.
  • Aspek lain yang disampaikan dalam visi Program Studi Desain Komunikasi Visual adalah pentingnya kreativitas dan profesionalisme. Nilai-nilai kreativitas dan profesionalisme menjadi aspek yang perlu terus menerus digali dan dikembangkan oleh seluruh sivitas akademika (dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan) dilingkungan Program Studi Desain Komunikasi Visual. Nilai-nilai tersebut melandasi aktivitas dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan desain komunikasi visual yang berwawasan global dengan berbasis teknologi informasi dan mendorong tumbuhnya kreativitas, profesional serta mentalitas kewirausahaan di kalangan mahasiswa.
  • Mengembangkan pengelolaan program studi yang bertatakelola baik (good governance) berdasarkan prinsip Quality is Our Tradition dan mengacu pada budaya organisasi PIQIE (Profesionalism, Integrity, Quality, Information Technology, Excellent).
  • Menciptakan hubungan baik dengan Pemerintah, dunia usaha dan masyarakat dalam menciptakan peluang kerja secara mandiri serta mengisi tenaga profesional di industri desain Indonesia.

Tujuan

Menghasilkan lulusan yang mandiri, berahlak dan berwawasan global yang ahli di bidang desain komunikasi visual serta menguasai teknologi informasi, komputer grafis dan multimedia.