Profil

Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah bidang ilmu yang mempelajari konsepsi komunikasi khususnya meramu pesan pesan kreatif untuk tujuan sosial atau komersial. Pada prinsipnya DKV adalah strategi perancangan untuk menyampaikan pola pikir dari penyampaian pesan kepada penerima pesan, berupa bentuk visual seperti ilustrasi, huruf, warna, garis yang komunikatif, efektif, efisien dan tepat, dan selalu berpijak pada nilai-nilai estetis, melalui media tertentu sehingga dapat mengubah sikap positif sasaran.

Program studi DKV – UNIKOM bertujuan memberi bekal ilmu dan pengembangan kemampuan untuk menjadi calon profesional di bidangnya, sehingga mahasiswa mengenal DKV sebagai Dasar Perancangan / Desain dan Strategi Komunikasi, mengenal Desain Grafis (DKV) sebagai Pengolah Visual Data Informasi, mengenal secara teknis prinsip cetak manual dan digital, proses teknologi informatika dan sistem informasi manajemen, serta mampu memahami media baru seperti Mix Media Animasi Audio Visual, Mix Media dan Interaktif seperti Multimedia Off line (CD presentasi) dan On line (Web/homepage). Lulusan Desain Komunikasi Visual UNIKOM disiapkan untuk bisa menduduki posisi-posisi strategis pada perusahaan-perusahaan besar baik dalam negeri maupun luar negeri pada bidang-bidang: Media penerbitan dan percetakan, penyiaran (televisi, koran, tabloid, majalah, dsb), Advertising/periklanan, Desain Grafis, Packaging/Kemasan, Production House/rumah produksi, televisi, Perfilman dll. Adapun jabatan-jabatan yang bisa diduduki oleh lulusan Desain Komunikasi Visual UNIKOM adalah: Sutradara, Creative Director, Art Director, Designer, Copywriter, Ilustrator, Kartunis, Animator.

Berikut merupakan Visi, Misi dan Tujuan dari program studi Desain Komunikasi Visual (S1) Unikom;

Visi

“Menjadi Program Studi Desain Komunikasi Visual yang unggul pada tahun 2020 dalam bidang keilmuan desain komunikasi visual yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi, berwawasan global serta memiliki jiwa kewirausahaan untuk mendukung pembangunan nasional yang berorientasi pada kepentingan masyarakat, bangsa dan negara”.

Misi

Menyelenggarakan pendidikan desain komunikasi visual yang modern berdasarkan Budaya Organisasi PIQIE (Profesionalism, Integrity, Quality, Information Technology, Excellent) dengan Sistem Pendidikan yang kondusif dan berbasis pada Software (perangkat lunak), Hardware (perangkat keras), dan Entrepreneurship (kewirausahaan), dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada berdasarkan prinsip Efisiensi & Efektifitas. Menciptakan hubungan baik dengan masyarakat, dunia usaha dan pemerintah dalam melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat guna mendukung aktivitas akademik”.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang Memiliki keahlianhandal di bidang ilmu desain komunikasi visual berbasiskan teknologi informasi komputer serta memiliki jiwa kewirausahaan.
  2. Menghasilkan serta meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian terkait pengembangan ilmu desain komunikasi visual.
  3. Menghasilkan serta meningkatkan kualitas dan kuantitas pengabdian kepada masyarakat.
  4. Meningkatkan kualifikasi tenaga pengajar dan tenaga kependidikan di lingkungan program studi Desain Komunikasi Visual.
  5. Menciptakan tata kelola organisasi program studi Desain Komunikasi Visualyang baik dan memadai.

.